Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet

6 Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet, Yang Perlu Anda Tahu

5/5 - (427 votes)

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet – Apakah Anda pernah atau sedang mengalami permasalahan WC jongkok mampet?. Wah tepat sekali Anda mengunjungi halaman ini.

Ada banyak sekali faktor penyebab, kenapa WC jongkok jadi mampet, mulai dari sampah atau yang lainnya. Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada cukup banyak cara mengatasi WC jongkok mampet yang sebenarnya dapat di lakukan. Ulasan kali ini akan membahasnya beberapa untuk Anda.

1. Menggunakan soda kue dan cuka

Adapun cara mengatasi WC jongkok mampet yang pertama adalah menggunakan soda kue dan cuka. Dimana kedua bahan yang satu ini, pastinya ada di rumah Anda. Cara menggunakan bahan-bahan tersebut terbilang sangat mudah.

Pertama-tama tebarkan sekitar 1 cangkir baking soda ke dalam permukaan air WC, dan tunggu hingga mengendap. Kemudian tuangkan sebanyak 2 cangkir cuka dengan gerakan memutar. Hal ini di lakukan agar cuka tersebar secara merata.

Pada saat menuangkan cuka tersebut, Anda akan melihat gelembung – gelembung udara, yang tidak lain reaksi dari kedua bahan tersebut. Yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini adalah untuk memastikan bahwa gelembung yang muncul tidak keluar dari WC tersebut.

Dalam proses ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam, sebelum akhirnya di siram menggunakan air bersih. Jika masih tetap mampet, maka lakukan proses tersebut namun kali ini diamkan selama semalam. Pada pagi hari, siram kembali, dan Anda akan menemukan bahwa WC sudah kembali lancar.

2. Menggunakan garam batu

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet

Selain menggunakan cuka dan baking soda, ternyata garam juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan WC. Adapun garam yang di gunakan sebagai cara mengatasi WC jongkok mampet tanpa bongkar ini sebenarnya bukan garam meja, melainkan garam batu. Tapi jika Anda tidak mempunyai garam batu, dan hanya mempunyai garam meja, tidak masalah, kali ini Anda dapat mengkombinasikannya dengan baking soda.

Dalam menggunakan teknik yang satu ini, Anda perlu memastikan bahwa air yang ada di dalam toilet, tidak penuh. Kemudian tuangkan setidaknya sekitar 5000 g ke dalam lubang WC. Baru berikutnya tuangkan 1 liter air mendidih, dan diamkan WC tersebut, setidaknya sekitar 8 jam.

Selama waktu 8 jam tersebut, seharusnya penyumbatan sudah mulai berkurang. Jadi dalam hal ini, kamu dapat membantunya dengan mendorong sisa sumbatan dengan air, agar sumbatan dapat langsung masuk ke dalam septic tank.
Apabila masih di nilai mampet dan macet. Maka Anda dapat mendorongnya dengan menggunakan pipa WC atau juga gantungan baju dari kawat.

Baca Juga :

>> Manfaat Limbah Organik <<

3. Menggunakan soda api

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet

Adapun cara mengatasi WC jongkok mampet dengan menggunakan soda api ini terbilang cara yang paling kuat, baik untuk mengatasi WC mampet dan membandel. Sama seperti menggunakan baking soda, namun dengan cara yang cara yang paling kuat. Tapi ketika Anda akan menggunakan teknik seperti ini, pastikan Anda menggunakan peralatan keselamatan, seperti sarung tangan karet, pelindung mata, dan juga membuka pintu kamar mandi.

Adapun cara mengatasi WC mampet dengan menggunakan soda api adalah dengan memastikan kondisi WC tidak terlalu meluap. Kemudian tuangkan ½ cangkir soda api ke dalam lubang toilet. Hal ini di lakukan agar bahan mulai bereaksi dengan air, kali ini Anda dapat mendiamkannya selama sekitar 10 menit.

Jika sudah 10 menit, berikutnya cek apakah WC sudah tidak mampet lagi atau justru sebaliknya, masih mampet. Caranya adalah dengan keuangan sejumlah besar air ke dalam toilet tersebut. Jika masih mampet, tuangkan kembali ½ cangkir baking soda, namun kali ini diamkan selama sekitar 8 jam.

4. Menggunakan sabun pencuci piring dan air panas

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet

Termasuk salah satu cara mengatasi WC jongkok mampet dengan cepat dan praktis, kali ini Anda akan menggunakan sabun pencuci piring dan air panas. Siapkan 1 cangkir sabun cuci piring dan sekitar 1 liter atau bahkan lebih air panas.

Tuangkan sabun cuci piring ke dalam WC yang mampet, dan diamkan hingga sabun mengendap. Fungsi dari sabun pencuci piring ini adalah untuk membuat pipa saluran WC jadi licin, dan benda apapun yang menyumbat, mampu mengalir ke dalam septic tank secara lancar.

Berikutnya tuangkan air panas, sebanyak mungkin, tapi jangan sampai air di dalam WC ke luar, hingga luber. Diamkan selama sekitar 20 menit, kemudian siram menggunakan air bersih.

5. Menggunakan gantungan baju dari kawat

Menggunakan gantungan baju dari bahan kawat, juga dapat Anda jadikan sebagai salah satu cara ampuh mengatasi WC jongkok mampet. Adapun caranya cukup mudah, dalam hal ini, potong kawat pada gantungan baju, dan luruskan. Pada bagian ujung kawat yang tajam, sebaiknya di bungkus menggunakan kain perca, dan selotip.Hal ini di lakukan agar WC tidak rusak.

Dorong benda yang menghalangi aliran air ke dalam septic tank, dengan menggunakan ujung kawat yang sudah di balut dengan kain perca. Seperti biasa, siram kembali menggunakan air bersih, agar WC dapat mengalir kembali secara lancar.

6. Menggunakan botol plastik bekas pakai

Selain menggunakan cara-cara yang di sebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan cara atasi WC jongkok mampet yang satu ini, yaitu menggunakan botol plastik bekas. Adapun cara menggunakannya cukup mudah, dalam hal ini potong bagian mulut botol plastik, sekitar 10 cm dari mulut botol.

Jika sudah kemudian masukkan ujung botol yang sudah di potong tersebut ke dalam lubang WC. Kemudian tekan lubang WC tersebut, dengan menggunakan botol. Tujuannya tidak lain agar, penyebab WC mampet, akan terdorong ke septic tank. Berikutnya siram toilet tersebut, untuk mengetahui, apakah proses yang Anda lakukan sudah berhasil atau tidak.

Dari penjelasan di atas, Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa cara mengatasi WC jongkok mampet. Anda dapat menggunakan salah satu, atau beberapa cara, dan lakukan secara bertahap namun rutin. Adapun tips yang di sebutkan di atas, sebenarnya tidak hanya dapat di gunakan di WC jongkok saja, namun juga dapat di gunakan toilet duduk.

Solusi Akhir Apabila WC Jongkok Masih Mampet

Apabila Anda sudah mengikuti Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet seperti penjelasan diatas namun WC Anda masih saja mampet. Solusi yang paling akhir dan sangat manjur adalah dengan memanggil jasa sedot WC.

Jasa sedot WC yang profesional pastinya bisa mengatasi semua permasalahan seputar WC. Anda juga dapat berkonsultasi agar kedepannya bisa meminimalisir terjadinya mampetpada WC Anda dan juga lebih mudah dalam merawat WC.

Gunakanlah jasa sedot WC terpercaya dan terdekat dengan tempat tinggal Anda agar bisa lebih cepat untuk sampai di tempat Anda sehingga WC segera normal kembali.

Rekomendasi Jasa Sedot WC Terbaik Menurut Survey

Berikut kami rangkum jasa sedot WC terbaik menurut survey masyarakat. Silahkan Anda pilih jasa terdekat dengan lokasi tempat tinggal Anda agar lebih mudah dan lebih cepat sampai di tempat Anda.

1. CV Barokah

CV Barokah merupakan layanan sedot WC yang beroperasi di seluruh wilayah Jawa Timur. Berpengalaman dalam mengatasi permasalahan seputar WC mampet dan pembuangan limbah.

Kontak Telpon/WhatsApp : 0815-5445-5168 (Klik untuk langsung WA)

2. CV Layanan Mandiri (CVLM)

Jasa yang satu ini lebih berfokus di wilayah kota Surabaya. Sudah banyak masyarakat Surabaya yang menjadi langganan sedot WC CVLM. Selain Murah dan bergaransi, CVLM juga sering memberikan diskon spesial bagi pelanggan setia.

Kontak Telpon/WhatsApp : +62 857 4577 2223 (Klik untuk langsung Telpon)

3. CV Bisma

CV Bisma beroperasi di hampir seluruh wilayah Pulau Jawa (Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat). Bila Anda membutuhkan jasa perbaikan WC mampet, CV Bisma adalah solusinya.

Kontak Telpon/WhatsApp :

Sekian solusi yang bisa kami berikan untuk Anda, semoga permasalahan WC jongkok Anda bisa teratasi dan bisa digunakan kembali.

Wassalam….

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet

Bagikan Artikel Ini...

2 komentar untuk “6 Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet, Yang Perlu Anda Tahu”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.